Friday, December 26, 2014

Sistem Pemerintahan yang berdasarkan atas petunjuk nabi hanya satu: Khilafah Rasyidah



Kekhilafahan/ Khilafah Islamiyah adalah salah satu bentuk pemerintahan yang unik dan berbeda dengan sistem pemerintahan yang lain di dunia seperti kerajaan, republik demokrasi, kesultanan, atau sistem teokrasi ala kristen barat abad pertengahan.

Sistem ini adalah satu-satunya bentuk pemerintahan dalam Islam yang telah dicontohkan oleh kekhilafahan rasyidah pertama pasca Rasulullah wafat. “Rasyidah” adalah kata sifat yang bermakna berjalan di atas jalan petunjuk/ mendapatkan petunjuk. Artinya, bila ada sistem pemerintahan yang dijalankan oleh muslim berbeda dengan yang dicontohkan oleh para khilafah rasyidah maka tidak disebut pemerintahan yang rasyidah (berjalan di atas petunjuk nabi) karena itu tidak boleh diperpegangi.

Perbedaan yang paling mendasar dari sistem kekhilafahan rasyidah dengan sistem pemerintahan lain dilihat dari segi hukum yang diterapkan oleh negara hanya boleh hukum Allah, dipimpin satu pimpinan umum (amirul mukminin), dan disatukan oleh ideologi yang sama yaitu Islam tanpa melihat sekat batas nasionalisme.

Penyimpangan dan peristiwa berdarah dan kelam yang terjadi di era kekhilafahan rasyidah seperti kudeta politik, peperangan saudara, pembunuhan khalifah, hanyalah fakta sejarah yang tidak bisa dijadikan dalil untuk menyatakan bahwa sistem khilafah islamiyah ini adalah sistem yang buruk. Dalil-dalil dari Alquran, Assunnah, Ijmak, dan qiyas tentang bentuk pemerintahan negara bagi umat Islam bernama khilafah rasyidah ini tetap akan bersih dan berlaku wajib hingga kapan pun bagi kaum Muslimin.

Rasululullah Saw 14 abad yang lalu telah memberikan kabar gembira (bisyarah) bagi umat Islam akhir zaman bahwa sistem khilafah rasyidah yang diridhoi akan kembali datang suatu saat nanti. Suka atau tidak suka, kita berkontribusi di dalamnya ataukah tidak, ia akan tegak dengan izin Allah
Wallahu a’lam bis showab

No comments:

Post a Comment