Friday, December 26, 2014

Sabda Nabi Muhammad tentang perjalanan umat Islam di dunia



Terdapat sebuah hadits Nabi Muhammad Saw dengan derajat shahih diriwayatkan oleh Imam Ahmad dalam Musnad nya, bercerita tentang perjalanan masa depan umat Islam dari masa ke masa:

تَكُوْنُ النُّبُوَّةُ فِيْكُمْ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ تَكُوْنَ ثُمَّ يَرْفَعُهَا اللهُ اِذَا شَاءَ اَنْ يَرْفَعَهَا. ثُمَّ تَكُوْنُ خِلاَفَةٌ عَلَى مِنْهَاجٍ النُّبُوَّة فَتَكُوْنُ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ تَكُوْنَ. ثُمَّ يَرْفَعُهَا اللهُ اِذَا شَاءَ اَنْ يَرْفَعَهَا. ثُمَّ تَكُوْنُ مُلْكًا عَاضًّا فَتَكُوْنُ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ تَكُوْنَ. ثُمَّ يَرْفَعَهَا اللهُ اِذَا شَاءَ اَنْ يَرْفَعَهَا. ثُمَّ تَكُوْنُ مُلْكًا جَبْرِيَّةً فَتَكُوْنُ مَا شَاءَ اللهُ اَنْ تَكُوْنَ ثُمَّ يَرْفَعَهَا اللهُ اِذَا شَاءَ اَنْ يَرْفَعَهَا. ثُمَّ تَكُوْنُ خِلَافَةً عَلَى مِنْهَاجِ النُبُوَّةِ . ثُمَّ سَكَتَ

“Di tengah kalian terdapat era kenabian sesuai dengan kehendak Allah. Lalu Allah akan melenyapkannya jika dia menghendakinya. Kemudian akan ada era khilafah yang sesuai dengan manhaji kenabian, maka ia ada sesuai dengan kehendak Allah dan akan dicabutnya bila dia menghendakinya. Kemudian akan ada era penguasa yang menggigit, ia ada sesuai dengan kehendak Allah dan akan lenyap bila Allah menghendakinya. Kemudian akan ada era penguasa yang memaksa/ tiran, ia ada sesuai dengan kehendak Allah dan akan lenyap bila Allah menghendakinya. Kemudian akan ada era khilafah sesuai dengan manhaj kenabian. Nabi pun kemudian diam....”.

Penjabarannya:
1.      Era Kenabian maksudnya era yang dimulai dari diangkatnya Muhammad sebagai Rasulullah hingga wafat beliau dan berlangsung selama kurang lebih 23 tahun.
2.      Era khilafah yang mengikut jalan kenabian (khilafah rasyidah). Dimulai dari khalifah Abu Bakar As shiddiq hingga khalifah Ali bin Abi Thalib (+ Hasan bin Ali) dan berlangsung kurang lebih 30 tahun sesuai dengan sabda nabi yang lain yang mengatakan: “kekhilafahan pada umatku 30 tahun setelahnya adalah kerajaan”.
3.      Era penguasa yang ‘menggigit’ kata kiasan dari penguasa muslim dengan sistem monarki  kerajaan yang tak membiarkan orang lain selain kerabatnya meraih kekuasaan. Era ini dimulai sejak berdiri dinasti Umayyah hingga runtuhnya dinasti Utsmaniyah di Turki 90 tahun yang lalu. (minus kevakuman 3 tahun setelah hancur leburnya dinasti Abbasiyah oleh serangan Mongol).
4.      Era penguasa yang memaksa (diktator). Yaitu pasca runtuhnya Khilafah Utsmaniyah dan terpecahnya umat Islam –yang disebut Nabi tubuh yang satu— lantaran tersekat ide asing bernama nasionalisme, menjadi banyak negara bangsa di seluruh penjuru dunia. Dimana sebagian besar para penguasa yang menguasai mereka adalah para diktator yang membangun kekuasaan dan mempertahankannya dengan jalan kekerasan bersenjata. Era ini masih berlangsung hingga sekarang karena era berikutnya yang disebut oleh nabi belum terjadi sama sekali.
5.      Era terakhir yaitu era khilafah yang mengikut jalan kenabian (khilafah rasyidah jilid II). Oleh para sejarawan Muslim belum terjadi hingga dewasa ini.
6.      Era setelahnya … wallahu a’lam. tidak ada siapa yang tahu kecuali Allah. Rasulullah terdiam setelah mengucapkan era kekhilafahan rasyidah terakhir di atas…

No comments:

Post a Comment